Sabtu, 20 Juni 2015

Menahan Amarah Di Bulan Ramadhan

Selamat pagi sobat semua ketemu lagi sama aku hehe mungkin sudah pada tau siapa aku hahaha. Seperti biasa menyapa sobat semua, bagaimana kabarnya? pada sehat kan? ya mudah-mudahan sehat ..amiiiin. Sekarang sudah memasuki puasa yang ke tiga, pada lancarkan puasanya?. Langsung deh aku mau curhat lagi :D semoga gak bosan ya denger curhatan aku.


Dibulan yang penuh rahmat ini kita sedang gencar-gencarnya mencari pahala dan mengumpulkan pahala tapi terkadang gangguan datang menerpa salah satunya AMARAH, terkadang emosi meledak dan mengendalikan emosi,

Menahan amarah memang tidak mudah, terlebih jika kamu lebih sering berkegiatan diluar rumah setiap hari. Mulai dari menghadapi teriknya sinar matahari, macetnya jalan raya, hingga menghadapi banyak orang dengan karakter dan latar belakang yang berbeda. Pada bulan suci ramadhan kita diwajibkan untuk berpuasa menahan rasa haus dan lapar, selain itu juga kita dituntut untuk menahan hawa nafsu serta menahan amarah. Nah, menahan amarah memang tidak mudah, supaya kita berhasil, kamu bisa mengikuti cara yang seperti di bawah ini :

Menjaga komunikasi yang baik

  • Konflik terjadi karen kurangnya komunikasi yang baik, untuk menjaga hawa nafsu kamu dari amarah selama bulan puasa. Kamu dapat menjalin komunikasi yang baik atau lebih baik diam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengurangi bahkan membatalkan ibadah puasamu.
Hindari gosip

  • Orang indonesia memang senang bergosip atau membicarakan orang lain. Agar tidak terjadi fitnah, serta memancing amarah dari gosip yang belum tentu benar keberadaannya, lebih baik kamu tidak bergosip selama berpuasa. Sehingga setelah ramadhan berlalu kebiasaan ini terus menjadi kebiasaan baik kamu.
Bersabar

  • Kamu harus melatih kesabaran kamu selama ramadhan, ingat saja kalau kebaikan apapun yang kamu kerjakan selama ramadhan termasuk ibadah dan pahala kamu akan dilipat gandakan. Dan bersabarlah sesungguhnya allah beserta orang-orang yang sabar.
Mencegah dehidrasi

  • Kurangnya minum dapat membuat seseorang menjadi cepat marah. Hal ini dikarenakan dehidrasi membuat emosi kamu menjadi tidak stabil, terutama bagi para wanita. Untuk itu kamu harus memenuhi kebutuhan air pada saat sahur dan berbuka.
Itulah cara menahan amarah pada saat kita lagi berpuasa. Sebenci-bencinya kamu pada seseorang bersabarlah dengan menenangkan hati sejenak di bulan ramadhan ini.

40 komentar:

  1. nice, bermamfaat informasinya mba, agar dapat menahan amarah di bulan puasa,

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya :) sangat bermanfaat dan juga bisa lebih di perbaiki lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, iya mba jaga hati, jaga mata, jaga iman dan jaga mulut juga hehehe

      Hapus
  3. saat bulan puasa memang ujian terbesarnya adalah menahan dari segala amarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul teh amarah memang selalu menghantui pada seseorang di bulan suci inilah amarah yang harus di jaga .

      Hapus
  4. Kalo lagi ngumpul sama temen-temen paling susah ngindarin gosip mbak. Hambar rasanya kalo nggak ngegosip :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas udah banyak temen-temen pasti ujungnya pengen ngerumpi hehe

      Hapus
  5. cara gue sih simple... tidur aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih mas paling simple :) tapi tidur juga harus di batasi mas jangan banyak tidur puasanya makruh ..

      Hapus
  6. udh nahan amarah.. tapi suka muncul mau makan tiba2 dan ga inget puasa .-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lupa engga apapa mba makan :D

      Hapus
  7. di bulan ramadhan banyak menahan ya

    BalasHapus
  8. mendengarkan curhat juga kayaknya peh perlu dihindari, karena dari curhat bisa menjadi ngomongin orang...makanya kadang saya susah membedakan antara curhat dan gosip....lebih baik dihindari kalau tidak mau terjebak lebih dalam lagi....dan merugikan tentumnya...iya gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya betul mbah dinan curhat juga perlu di hindari. Saya suka curhat ya mbah :D selama bulan ramadhan curhantannya di hentikan dulu ahh agar tidak terjebak lebih dalam biar puasanya lancar :) betul mbah betul banget :)

      Hapus
  9. intinya dibulan ramadhan itu banyak membaca sholawat, banyak membaca istigfar, dan selalu membaca al-qur'an jika waktu kita senggang. semoga ramadhan berkah..AAmiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mba selama bulan ramadhan habis kan waktu dengan tadarus membaca alqur'an ,,,amiiiin

      Hapus
  10. Menghindari dehidrasi mungkin bisa pake minum pola 2-4-2 ya, selamat berpuasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mas rianda ,,
      selamat berpuasa yang ke 5 semoga lancar puasanya ..

      Hapus
  11. Tingkatkan kesaran memang sangat penting di bulan yang penuh barakah ini. Terima kasih tipsnya Miss Ipah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ..
      sama-sama mba fidah :) slamat berpuasa yang ke 5 mba semoga lancar amiin

      Hapus
  12. penting banget yaah buat belajar tahan amarah di bulan ramadhan ini biar puasanya ngga kosong :D
    makasih yaa tipsnya, duh aku baru tau kalau dehidrasi bisa bikin emosi ngga stabil juga, harus banyak2 minum nih mulai skg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat penting mba rani menahan amarah di bulan ramadhan ini. sama-sama semoga bermanfaat mba :) iya mba dehidrasi juga termasuk tips yang di atas .. demi menjaga amarah mulai sekarang harus banyak-banyak minum mba hehe

      Hapus
  13. Berarti gue juga harus mulai sabar dari sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong mba harus sabar dan selalu menjaga amarahnya selama bulan suci ramadhan ini :)

      Hapus
  14. Ini termasuk paling sulit, mbak. Kadang-kadang orang semakin puasa semakin enggak bisa menahan amarah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas uda bagi saya juga sangat sulit untuk menahan amarah. kebanyakan orang yang lagi puasa juga amarah pun tidak bisa di tahan.

      Hapus
  15. point banget cara menahan amarah saat berpuasanya teh. memang kadang yg paling sulit itu mengendalikan hawa nafsu amarah karena mungkin kita tersinggung sama orang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas eka hawa nafsu kadang yang paling sulit untuk mengatasinya apalagi untuk orang yang gampang ke singgung ya kan mas pasti amarahnya engga bisa di atasi hehehe

      Hapus
  16. marah..oh no..jarang baget untuk jadi marah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas jangan sampe marah di bulan yang suci ini hehehe

      Hapus
  17. lagu puasa memang banyak godaan yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas ...
      makanya di bulan suci ramadhan ini kita harus banyak bersabar..

      Hapus
  18. #noted

    Simpel ya mak....tapi susah dilakukan :")
    Reminder juga bukan buat puasa

    BalasHapus
  19. yg terakhir bener banget. Dehidrasi bikin kita cepet emosi. hahaa
    Aku gitu sih orangnya
    tapi semampunya tetep nyoba keep control. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba bener saya juga begitu hahaha

      Hapus
  20. Puasa gk puasa acara gosip di tv tetap eksis -_-

    BalasHapus