Rabu, 03 Desember 2014

Manfaat Garam untuk Redakan Jerawat Hingga Sembuhkan Bibir Pecah

Manfaat Garam untuk Redakan Jerawat Hingga Sembuhkan Bibir Pecah
Garam mungkin lebih dikenal sebagai salah satu penyedap rasa makanan. Siapa sangka bumbu dapur bercitarasa asin tersebut memiliki sejumlah manfaat kecantikan? Mulai dari melawan jerawat hingga menyembuhkan bibir pecah-pecah, garam ternyata cukup berguna untuk dijadikan perawatan kecantikan alamiah. Perawatan menggunakan garam juga tergolong murah dan mudah didapatkan. Ingin tahu apa saja kegunaan garam untuk kulit serta rambut?

Inilah 10 manfaat garam untuk redakan jerawat hingga sembuhkan bibir pecah seperti berikut :

1. Detoks Kulit

Garam telah digunakan sebagai bahan campuran sejumlah perawatan facial di salon. Garam dipercaya bisa melembabkan serta menghilangkan bakteri yang menutup pori-pori kulit. Namun jika ingin mencoba perawatan garam di rumah, Anda bisa melakukannya dengan menyampurkan secangkir garam dengan ke bak mandi berisi air hangat. JSitus Beauty Sweety Spot mengatakan mandi garam selama setengah jam bisa membantu Anda mendetoksifikasi dan mengurangi bengkak pada tubuh.

2. Facial

Tekstur garam yang sedikit kasar bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati wajah. Katherine Dorn dari Pierre Michael Salon menyarankan agar Anda mencampurkan garam dengan minyak wajah atau facial oil. Kemudian pijatkan adonan tersebut pada wajah dengan gerakan berputar. Setelah itu bilas dan bersihkan wajah seperti biasanya.

3. Toner

Selain sebagai campuran untuk facial, garam juga bisa digunakan sebagai toner. Katherine Dorn menyarankan untuk menyemprotkan campuran garam dengan air hangat ke wajah kemudian tepuk-tepuk hingga kering. Cairan ini bisa menjadi pengganti toner untuk menutrisi kulit.

4. Rambut Bergelombang Alami

Ingin tampil gaya rambut ala beach waves saat berlibur ke pantai? Semprotkan saja air laut ke rambut Anda. Mengaplikasikan air garam ke rambut mungkin terdengar aneh. Namun menyemprotkan campuran air dengan garam atau air laut asli kepada rambut dapat menghasilkan rambut ikal alami serupa beach waves tanpa perlu ke salon. Amber Katz dari situs Rouge 18 menyatakan jika ada pasir yang menempel malah akan menambah tekstur yang memperindah bentuk ikal rambut.

5. Redakan Jerawat

Jerawat menjadi salah satu penyakit kulit yang paling ditakutkan para wanita. Jerawat yang sering menyerang secara mendadak tersebut pun bisa diredakan dengan menggunakan garam. Bonnie Ndoci seorang pemilik salon Facials by Bonnie mengatakan jika garam bisa dipakai untuk melawan jerawat akibat bahan kimia seperti sampo yang menyebabkan alergi pada kulit wajah.

Caranya adalah dengan menyampurkan seperempat sendok garam dengan segelas air hangat. Kemudian rendamlah kapas di dalamnya. Lalu taruh kapas tersebut di area jerawat dan tunggu hingga sekitar satu menit. Garam akan mengurangi pembengkakan serta kemerahan pada jerawat.

6. Obati Bibir Pecah

Bagi Anda pemiliki bibir kering dan kerap mengalami bibir pecah-pecah, garam bisa menjadi alternatif penyembuh alaminya. Hal tersebut pun diungkapkan oleh situs Entertainista yang menyarankan agar Anda menyampurkan tiga sendok garam dengan sesendok Vaseline. Setelah itu aduk dan gosokkan adonan secara perlahan pada bibir untuk mengelupas kulit keringnya. Kemudian bersihkan kulit-kulit yang tersisa menggunakan lap basah. Jangan lupa untuk memulaskan lip balm yang melembabkan seusai perawatan.

Baca juga :[Manfaat Serai Bagi Kecantikan dan Kesehatan]

7. Scrubbing

Garam ternyata bisa menghaluskan kulit serta menyamarkan kerutan jika digunakan untuk scrubbing. Situs Beauty in The Bag mengatakan jika meski terasa perih, garam juga bisa menyembuhkan luka lebih cepat. Untuk membuat scrub alami menggunakan garam, campurkan saja garam dengan minyak zaitun. Tambahkan minyak esensial seperti lavender, vanila, atau cinnamon sehingga bisa sekaligus merelaksasi tubuh.

8. Meredakan Mata Bengkak

Meski banyak orang mengatakan jika kebanyakan mengkonsumsi garam bisa membuat wajah menggemuk, bumbu dapur ini ternyata handal dalam meredakan pembengkakan jika dipakai sebagai perawatan luar. Misalnya untuk bagian mata, Anda bisa mencampurkan garam dengan air hangat untuk diaplikasikan pada mata bengkak.

9. Merendamkan Kaki Terinfeksi

Pernah mengalami infeksi setelah melakukan pedikur? Sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter, Anda bisa mencoba ramuan alami untuk menyembuhkannya dengan bahan dasar garam. Caranya adalah dengan memasukkan secangkir garam pada air hangat. Gunakan air tersebut untuk merendam kaki yang terinfeksi dan tunggu hinnga setengah jam. Kabarnya infeksi bisa sembuh dengan dua hari perawatan. Terapkan cara ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

10. Cairan Kumur

Katherine Dorn ternyata banyak memanfaatkan garam sebagai rutinitas kecantikan. Tak hanya untuk wajah atau rambut namun juga untuk mulut. Agar nafas lebih segar serta mulut dan gigi lebih bersih, ia menggunakan campuran air, garam, baking soda sebagai cairan kumur alami.

31 komentar:

  1. wah banyak banget ya khasiat garam ini mbak
    saya taunya buat penyedap rasa

    BalasHapus
  2. Rupanya banyak kegunaan garam untuk kecantikan.. bole dicoba ni.. terimakasih Ipah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mba hehehe semoga bermanfaat ..
      masama

      Hapus
  3. ternyata garam bnyk manfaat nya selain mencegah gondok :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas seperti ulasan di atas garam juga bisa untuk kecantikan mas hehe

      Hapus
  4. selain buat penyedap ternyata ngandung banyak manfaat ya
    mbak, ;)

    BalasHapus
  5. Kiranya hanya sebagai pengawet alami yang biasa dipakai dalam ikan asing. Ternyata, banyak manfaat lain yang bisa didapat tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba garam buat kecantikan juga bisa hehehe

      Hapus
  6. Banyak juga ya manfaatnya. Kirain cuma buat penyedap sayur. Kan ada lagunya tuh. Hahahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas putra ..hahahaha iya bener
      terimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  7. banyak didapur ini..langsung praktekin ajah

    BalasHapus
  8. memang banyak kegunaanya ye..nice sharing

    BalasHapus
  9. terimakasih singgah & follow blog saya...tercari2 butang follower kat sini tak tak jumpa..

    BalasHapus
  10. kebetulan di daerah sy, Air tanahnya asin
    pantesan sy jarang jereawatan :)

    BalasHapus
  11. waaaw ternyata garam bagus buat kulit,, pantesan pacar saya suka ngasih makan garam pada saya.ternyata elsa perhatian banget ya sama kesehatan kulit saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha iya mang kodik perhatian banget sampe di kasih makan sama garam :v

      Hapus
  12. bisa-bisa glow kesaingan dengan garam warung :D

    BalasHapus
  13. Ada efek samping ga ya kira2 ?
    Trus apa udah pernah kebukti ni garam bisa berguna seperti poin2 di atas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan engga deh mas ..
      iya kalo mau bukti bisa di cobain hehehe

      Hapus
  14. Wah banyak manfaatnya garam ya. Heiieie Selama ini saya taunya manfaat garam buat menambah cita rasa masakan dan juga untuk menahan laju binatang melata yang suka masuk ke rumah lewat celah celah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas asep garam juga bisa untuk redakan jerawat ..

      Hapus
  15. Kalok scrub sih prefer gula.. Soalnya kalok kejilat ngga bakalan keasinan. Bahahah :D

    BalasHapus