Rabu, 18 Februari 2015

Bunga Wijaya Kusuma Kembang Malam Misterius

Bunga Wijaya Kusuma Kembang Malam Misterius
wijaya kusuma
Bunga wijayakusuma, kembang malam yang misterius. Setiap kali mendengar bunga wijayakusuma yang kerap terlintas adalah sebuah bunga yang misterius dan bunga yang mekar hanya di malam hari. Ya, malam dan misterius inilah yang kemudian membuat bunga yang satu ini menjadi terkenal bahkan sarat dengan mitos.

Meski terkenal di Indonesia, khususnya Jawa, bunga wijaya kusuma bukanlah tanaman asli Indonesia atau malah tanaman endemik Indonesia. Tanaman ini berasal dari daratan Amerika Selatan yang kemudian tersebar ke berbagai wilayah di dunia termasuk ke Indonesia. Konon bunga ini masuk ke Indonesia melalui China pada masa kerajaan Majapahit.

Nama latin tumbuhan ini adalah Epiphyllum oxypetalum. Namun ada juga yang menganggap nama latin wijayakusuma adalah Epiphyllum anguliger. Keduanya spesies yang berbeda namun memiliki ciri-ciri yang hampir serupa. Hanya bentuk daun E. anguliger berlekuk-lekuk, sehingga kerap disebut juga sebagai ‘kaktus balung iwak’.

[Baca juga : Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehata Tubuh]

Ciri dan Karakteristik Bunga Wijayakusuma

Tumbuhan wijayakusuma merupakan spesies anggota kaktus (famili Cactaceae). Batangnya, berbentuk silindris, terbentuk dari helai daun tua yang mengecil dan mengeras. Tinggi batang dapat mencapai hingga 3 meter. Daun wijaya kusuma berbentuk pipih dan memanjang, berwarna hijau dengan permukaan halus tanpa duri dan tepi daun yang bergelombang. Panjang daun berkisar antara 10-15 cm. Pada tepi daun ini dapat tumbuh daun baru ataupun bunga.

Bunga wijaya kusuma muncul dari tepi daun berupa kuncup yang makin lama makin panjang tangkai bunganya hingga bunga itu menjuntai ke bawah. Bunga berdiameter 10 cm berwarna putih dan berbau wangi. Sedangkan tangkai dan kuncup bunga berwarna merah muda. Wijayakusuma mempunyai buah berbentuk bulat, berwarna merah dengan biji hitam. Perkembangbiakannya bisa menggunakan biji maupun stek daun.

[Baca juga : Beragam Manfaat Jambu Air]

Keunikan wijayakusuma yang kemudian menjadikannya sarat dengan mitos adalah kebiasaan berbunganya yang hanya terjadi di malam hari. Kuncup bunga mekar pada tengah malam dan sudah layu menjelang pagi hari. Karena itulah wijayakusuma disebut sebagai ratu malam atau night queen.

12 komentar:

  1. wah, keren juga ya bunga ini.
    temen gue ada yang nama belakangnya wijaya kusuma, kebetulan kah ini? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren banget mas hehe
      hmm haha mungkin kebetulan kali mas hehe memang banyak nama yang belakang nya pake wijaya kusuma :)

      Hapus
  2. memang yang wijaya gtu aneh-aneh, sperti ai sehyeon wijaya juga peh temen kamu ituh.aneh kan?misterius lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha jangan di tanya lagi itu mah mang kodik udah misterius banget :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. iya mas ini tumbuhan kembang wijaya kusuma misterius mas hehe bunga ini juga banyak manfaat nya loh :) tumbuhan kusuma wijaya ini mekar nya pada tengah malam harum nya itu loh mas wangi banget :)

      Hapus
  4. Aku gak begitu mengerti tentang bunga. Tapi pas waktu kecil didepan rumahku saat masih ikut di rumah nenek pernah tumbuh nih Bunga Wijaya Kusuma. Gak yakin pasti berapa kali tumbuhnya, seingatku aq liat pernah tiga kali pernah tumbuh dalam beberapa tahun. Emang kalau malam mekarnya bagus apalagi pas terang bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mas bunga wijaya kusuma ini tumbuhnya engga tentu, tapi mas bunga wijaya kusuma yang di rumah udah sering tumbuh bunga loh hehe dalam setahun. iya mas gak cuma bagus harumnya juga euuuum menggoda hehe

      Hapus
  5. menarik sekali
    sebenarnya bunga wijaya kusuma itu mekar pada malam hari karena penyerbukannya dibantu oleh hewan yang aktif pada malam hari
    kalau untuk khasiatnya ada juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mba nove :)
      betul mba bunga wijaya kusuma mekar pada malam hari.. saya suka liat ketika bunga mau mekarnya :) harum nya pun wangi banget hehe
      ada mba ..

      Hapus
  6. Balasan
    1. harum banget beb.. di rumah, saya suka liat kalo bunga mau mekar pada malam hari euuuh harum nyaaaa enak banget beb :)

      Hapus