Kamis, 16 Oktober 2014

Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Berlebihan Saat Bekerja

Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Berlebihan Saat Bekerja
Ngantuk di pagi hari atau siang hari saat bekerja sering kali menjadikan kita tidak fokus kerja. Selain itu sering merasa ngantuk juga menunjukan bahwa ada kelainan kesehatan di dalam diri anda seperti adanya gejala diabetes dan penyakit-penyakit lainnya.
Sebelum kita membahas cara menghilangkan ngantuk alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ngantuk. Beberapa faktor penyebab ngantuk antara lain :

1. Kurang olahraga
Kurang olahraga menjadi salah satu faktor yang paling sering membuat kita ngantuk. Ketika kamu jarang olahraga maka tubuh anda akan merasa lemas dan kurang berenergi sehingga kamu merasa lemas dan ngantuk. Namun jika terlalu banyak akan membuat kamu kelelahan dan juga dapat membuat kamu ngantuk. Oleh karena itu harus proporsional.

2. Gangguan Pra Penyakit
Seringkali ngantuk juga disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan di dalam tubuh. Beberapa gangguan kesehatan yang dapat membuat ngantuk adalah anemia, hipotiroid, diabetes, dan penyakit jantung. Oleh karena itu jika kamu sering merasa ngantuk berlebihan segeralah melakukan cek kesehatan.

3. Depresi
Gangguan PhisikisYang sering mengganggu kesehatan dan juga dapat membuat depresi. Depresi tidak hanya gangguan emosional tetapi juga banyak berkontribusi untuk gejala gangguan fisik seperti kelelahan, selalu mengantuk, kehilangan nafsu makan.

4. Dehidrasi 
Kelelahan dan ngantuk dapat menjadi tanda dehidrasi. Oleh krena itu, cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar merasa segar dan bersemangat.

Ada banyak cara untuk menghilangkan ngantuk berat berlebih di siang hari. Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat kerja adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Selain kedua hal tersebut, cara menghilangkan ngantuk lainnya adalah:

Cara Menghilangkan Ngantuk Berat

1. Istirahat
Beristirahat adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan ngantuk. Kamu dapat istirahan dengan hanya sekedar tiduran atau duduk untuk memejamkan mata cukup 10 menit saja. Hal ini karena ngantuk bisa juga disebabkan oleh kelelahan mata yang selalu tengang.

2. Segera Bangun dan Beraktifitas 
Dengan bangun lebih cepat dan segera beraktifitas dapat membuat kita terjaga dari ngantuk. Karena dengan menggerakan badan dapat melancarkan pembuluh darah ke seluruh tubuh dan oksigen pun akan lancar menuju ke otak.

3. Minum Air Yang Cukup
seperti penjelasan apa saja penyebab ngantuk diatas bahwa dehidrasi merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang seringkali mengantuk. Oleh sebab itu, pastikan kamu mendapatkan cukup cairan dalam tubuh dengan minum air putih secukupnya dan mengonsumsi cukup makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan dan sayur untuk mencegah ngantuk.

4. Peparan Sinar Matahari
Cobalah untuk menghabiskan waktu sekitar 30 menit di luar ruangan yang cerah. Hal ini juga dapat dilakukan sebagai terapi untuk penderita insomnia yaitu dengan menghabiskan waktu 1 jam di bawah cahaya matahari per hari.

5. Tambahkan Pencahayaan
 Jika anda bekerja di tempat yang teduh maka akan membuat anda mudah ngantuk. Oleh karena itu usahakan untuk menambahkan pencahayaan ruangan agar tampak lebih terang. Hal ini diperkuat studi yang menunjukkan bahwa eksposur terhadap cahaya terang dapat mengurangi rasa ngantuk

6. Perbaiki Kualitas Tidur
 Seringkali kualitas tidur yang buruk membuat kamu sering ngantuk di pagi hari. Kualitas tidur yang baik bukan berarti menambah lama waktu kamu tidur namun seberapa nyenyaknya kamu tidur.
Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Berlebihan Saat Kerja ini mudah dilakukan dan tentunya akan membuat kualitas hidup kamu akan lebih baik.

25 komentar:

  1. semua cara menghilangkan ngantuk ( 6 ) itu betul namun yang paling bisa diandalkan adalah poin ke 1 ( istirahat ) itu kebiasaan saya kalau diserang ngantuk berat di kantor hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar banget mas pasti itu yang terpilih :D

      Hapus
    2. sepakat dengan mang de'...dengan mengantuk saya punya alasan untuk ijin pulang sama anak buah di tempat kerja, dan mereka pasti menyilahkan saya untuk pulang dan beristirahat.keren pisan kan saya mah?

      Hapus
  2. Saya sepakat. Penyeban kantuk di kantor sudah dibahas dalam artikel ini. Namun demikian saya sepakat berat pada poin 6. TIDUR yang berkualitas beda pengertiannya dengan cukup TIDUR atau TIDUR NYENYAK. Saya sendiri merasakan kalau tidur kualtiasnya jelek, biasanya ngantok ke eskan harinya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Biasanya sih, di istirahatkan. Tapi kalo mendesak paling ditopang dengan secangkir kopi biar melek :)

    BalasHapus
  5. Kualitas tidur yg baik, memang yg utama ya mbak :)

    BalasHapus
  6. makasih sharingnya cara menghilangkan kantuk ini mbak

    BalasHapus
  7. Kalau ngantuk itu obatnya cuma satu yaitu tidur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba astri kalo ngantuk banget obatnya cuma tidur, kalo nggak tidur bekerja pun jadi males soalnya menahan ngantuk ya kan mba?

      Hapus
  8. karena kurang tidur, saya terbiasa ngantuk di pagi hari, dan untuk menghilangkan ngantuk tersebut saya biasa minum air putih..

    BalasHapus
  9. hmm .. kalo saya sihh lebih suka banyak minum air putih mbak kalo ngantuk :)

    BalasHapus
  10. info yang sangat membantu,
    memang kalau sudah dilanda ngantuk,
    semua jadi berantakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih :)
      betul tuh mas jadi ujung-ujungnya malas ga mau kerja lagi pengennya tidur terus :v

      Hapus
  11. Tambahkan pencahayaan Laptop paling sering :D

    BalasHapus