Jumat, 10 Oktober 2014

Menjaga Kesehatan Mata bagi Pengguna Komputer

Menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer
Bekerja atau berselancar ria di internet lewat komputer seringkali membuat kita lupa waktu. Kegiatan itu bisa berlangsung berjam-jam sampai membuat kita lupa makan, minum, bahkan tidur. Kalau sudah begitu jangan heran kalau akan datang banyak keluhan dari tubuh kamu, terutama dari mata kamu. Bagaimana tidak? Saraf-saraf di mata dipaksa untuk bekerja tanpa istirahat memandangi apa yang ada di monitor terus-menerus tanpa henti. Tentu saja kondisi itu tidak baik. Namun, bagaimana jika itu semua sudah menjadi tuntutan pekerjaan? Lakukan beberapa tips dan trik berikut agar mata kamu tetap sehat.
Berikut tips yang bisa dilakukan oleh para pengguna komputer dalam Menjaga Kesehatan Mata mereka:

-Istirahatlah secara teratur agar mata kamu juga bisa beristirahat. Caranya kamu bisa mengalihkan pandangan kamu dari monitor computer atau kamu juga bisa beranjak dari depan komputer untuk berjalan-jalan sebentar atau sekedar mengamil camilan.

-Idealnya, posisikan monitor sedemikian rupa sehingga jendela dan atau submer cahaya berada disamping monitornya. Hindari menggunakan komputer atau laptop dalam kondisi ruangan yang tidak terang.

-Pastikan bahwa jarak mata kamu ke monitor adalah antara 33 cm sampai dengan 59 cm, dan pastikan juga bahwa posisi pusat (titik bagian tengah) monitor adalah berada 10 cm – 15 cm di bawah pandangan horizontal mata kamu.
Selalu jaga kebersihan monitor kamu, baik itu dari debu ataupu dari sidik jari yang biasanya menempel di sana.

-Jika monitor kamu merupakan model lama, maka sebaiknya ganti dengan model yang baru guna meminimalisir pengaruh negatif dari monitor terhadap mata kamu, seperti tingkat kesilauan yang tinggi ataupun besarnya radiasi yang dipancarkan. Atau kamu juga bisa menggunakan filter untuk mengurangi kesilauan monitor.

-Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan kaca mata diandingkan dengan menggunakan contact lens selama kamu berada di depan PC.

-Pastikan kamu selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C dan E yang membuat mata kamu selalu sehat, termasuk makanan seperti wortel, bayam, kacang almond, ikan salmon, dan sebagainya.

-Monitor jenis LCD lebih aman bagi kesehatan mata kamu dibandingkan dengan monitor jenis CRT.
Jika kamu menghabiskan waktu di depan komputer untuk memasukkan banyak data ataupun membaca dokumen yang panjang, maka sebaiknya gunakanlah monitor yang besar sehingga objek yang kamu lihat juga akan lebih besar. Dengan begitu, ketegangan yang terjadi pada mata akan berkurang.

-Gunakanlah kursi yang tepat agar posisi mata kamu terhadap monitor komputer juga tepat (yaitu 10 – 15 cm di bawah pandangan horizontal mata kamu).

Untuk membuat mata kamu tetap sehat selama berada di depan monitor komputer/laptop ternyata dibutuhkan latihan-latihan khusus untuk mata guna mengurangi ketegangan pada saraf-saraf mata. Hal itu bisa disebut olahraga untuk mata, suatu kegiatan yang ringan tetapi berdampak besar bagi kesehatan mata kamu.

Berikut latihan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi ketegangan pada mata:

  • Untuk mencegah keringnya mata dan juga iritasi selama di depan komputer, maka sering-seringlah mengedipkan mata kamu. Semakin sering kamu berkedip semakin baik untuk kesehatan mata kamu.
  • Alihkan pandanganmu dari komputer setidaknya selama 20 sampai 30 menit.
  • Tutup mata kamu selama beberapa menit, apalagi jika kamu sedang bertugas memasukkan data yang cukup banyak.
  • Cobalah untuk memijat dan merelaksasikan otot-otot di sekitar mata kamu sekali setelah lama memandangi komputer.
  • Setiap 30 menit, saling gosok-gosokkan antar telapak tangan kamu hingga terasa hangat, kemudian tutup mata kamu dengan kedua telapak tangan yang kamu gosok-gosokkan tadi sehingga tidak ada cahaya yang masuk menuju mata kamu. Lakukan hal itu selama kurang lebih satu menit. Latihan tersebut akan membuat mata kamu beristirahat dari terangnya cahaya sehingga setelahnya penglihatan kamu akan menjadi lebih jelas.
  • Ambil jeda secara teratur jika kamu menggunakan komputer untuk jangka waktu yang lama. Bangun dari tempat duduk kamu dan berjalan-jalanlah sebentar. Hl tersebut tidak hanya mengistirahatkan mata kamu, tetapi juga tubuh dan pikiran kamu. Siapa tau setelah jeda sebentar akan datang ide-ide segar yang tidak terpikirkan sebelumnya.
Oiya ada satu info penting bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan selalu berada di dalam ruangan tertutup yang ber-air-conditioner (AC) atupun yang sirkulasi udaranya tidak bagus. Pada keadaan tersebut, kemungkinan bagi kamu untuk terkena radiasi radikal bebas sangat besar. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk selalu mengkonsumsi antioksidan secara rutin dan teratur. Bahkan, WHO menyarankan agar kamu mengkonsumsi setidaknya 5 macam buah setiap harinya.

Semoga tulisan tentang menjaga kesehatan mata ini bisa berguna untuk kamu para pengguna komputer.

33 komentar:

  1. Mesti diperhatiin nih tipsnya biar mata ga rusak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mas, rawatlah mata dengan sebaik-baiknya hehehe

      Hapus
  2. Aku sering banget tuh merasakan mata lelah .. pengen merem bebberapa saat gitu :)

    Thanks sharingnya ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti itu mah mba saya juga suka ngantuk .hehe
      ya mba sama sama

      Hapus
  3. Tipsnya bermanfaat, terlebih sy sering berada di depan layar komputer untuk waktu yang lama. Perlu diaplikasikan tipsnya agar tetap terjaga kesehatan mata dan tubuh. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, mata harus di jaga dengan baik ..

      Hapus
  4. Pakai kacamata agar tidak perih saat berhadapan dengan komputer tetap saja perih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake kaca mata item mbak di jamin gelap :D

      Hapus
    2. hahahaha betul tuh pake ajah kacamata hitam biar kaya subro :v

      Hapus
  5. untung di kantor saya pake monitor LCD yang ukuran Resolutionnya: 1920×1080 (Full HD) jadi agak aman :D

    BalasHapus
  6. ni penting banget khususnya blogger seperti kia. hehe musti diikutin langkah2nya,

    BalasHapus
  7. Trims ya mbak infonya, kbetulan buat akhir2 ini memang lagi nyelesain sejumlah tugas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama sama mba susi semoga tugasnya cepet selesai :)

      Hapus
  8. wah terimakasih nih tipsnya.. saya sering banget mengalami mata lelah, sampai tertidur di depan komputer dengan sambungan internet menyala,.. ya abis dah kuota internet saya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mang, ya betul mang saya juga lama lama di depan komputer suka ngantuk ..

      Hapus
  9. Sangat bermanfaat Tip menjaga kesehatan mata bagi penguna komputer dalam waktu lama ini. Memang mata salah satu yang begitu berharga untuk manusia yang kudu dijaga atau penyesalan nantinya kalau berkurang fungsi mata sebelum waktunya karena kelalaian dalam menjaganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas mus, iya betul mas berharga banget makanya kita harus menjaga mata dengan sebaik mungkin :)

      Hapus
  10. Kunjungan malam, maaf belum sempet baca artikelnya soalnya bnyk tugas hehe, ijin bookmark dulu hehe

    BalasHapus
  11. sangat perlu di simak dengan baik dan cermat mengenai cara menjaga kesehatan mata bagi para blogger kayakita ini ya kan, soalnya bisa lebih dari 3 jam kita duduk berhadapan dengan layar PC, bener kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mang :)
      terimakasih kunjungannya mang .

      Hapus
  12. untungnya saya dirumah pake layar LCD komputernya mba, ternyata ada pengaruhnya juga yah layar monitor komputer bagi kesehatan mata... makasih mba atas info nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas ada pengaruhnya mau ga mau harus pake kaca mata kalo komputernya bukan layar LCD hehehe
      sama sama mas eka .

      Hapus
  13. saya selalu aktif didsepan laptop, mata lelah memang sudah saya rasakan dan poin Latihan Mata diatas selalu saya terapkan, makasih atas sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba ana sama sama .
      terimakasih telah berkunjung :)

      Hapus
  14. Terimakasih Mbak tips menjaga kesehatan matanya. Kadang hal seperti ini jarang diperhatikan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mas heri, betul mas padahal kan menjaga kesehatan mata itu penting ya kan ?

      Hapus
  15. yah mata akan terasa sakit lelah kalau kita makai komputer dalam ruang gelap. memang bisa konsentrasi, tapi banyak mudharatnya buat mata. ok makasih atas posting yang bermanfaat dan menginspirasi ini. salam sahabat blogger dan ditunggu kunjungan baliknya di bengkel blogger.

    BalasHapus
  16. ya betul mas .
    sama sama mas, salam kembali .

    BalasHapus
  17. nah ini, kalo sudah didepan komputer lupa kondisi tubuh..

    makasih mengingatkan :)

    BalasHapus
  18. ya sama sama mas :)
    terimakasih telah berkunjung :p

    BalasHapus