Sabtu, 08 November 2014

Efek Terlalu Lama Menatap Layar Komputer Bagi Mata

Efek Terlalu Lama Menatap Layar Komputer Bagi Mata
Bekerja di depan layar komputer atau laptop dari pagi sampai sore sudah pasti membuat mata lelah. Terlebih radiasi layar bisa berdampak buruk pada penglihatan mata. Faktanya adalah menatap layar komputer selama 7 jam sehari bisa menyebabkan gejala yang serupa dengan masalah mata kering. Peneliti menemukan bahwa pekerja kantor yang menatap komputer lebih dari 7 jam sehari memiliki tingkat MUC5AC paling rendah. MUC5AC adalah protein yang terdapat pada lapisan lendir mata yang bekerja menjaga kelembaban mata. Tingkat protein ini berpengaruh pada kelelahan dan kekeringan mata. Apalagi efek yang ditimbulkan pada mata ketika kita terlalu lama bekerja di depan komputer?
 Inilah efek terlalu lama menatap layar komputer bagi mata berikut:

1. Sakit Mata
Sakit mata ditandai ketika mata melihat sinar terang, mata cenderung sedikit berkedip daripada ketika normal serta air mata di permukaan mata mulai berkurang tanpa adanya pembaharuan. kecepatan mata berkedip berkurang 10 kedipan jika mata terlalu tereskposur layar komputer.

2. Mengganggu Penglihatan Mata
Mata yang sangat kering akan mengalami gangguan pada jaringan permukaan depan mata yang bisa menyebabkan sumber infeksi. Inilah yang membuat mata kering bisa mengganggu penglihatan.

3. Pengguna Lensa Kontak Rawan Infeksi
Para pengguna lensa kontak cenderung lebih mudah menggaruk permukaan mata. Jika sudah memakai lensa kontak selama 10 jam, air mata pada permukaan mata akan mengikis, menyebabkan mata kering, padahal lensa kontak harus dilepas di akhir aktivitas Anda. Cara melepas lensa kontak ini bisa menyebabkan lecet kecil sehingga menimbulkan infeksi.

Mata kering memang sangat tidak nyaman. Apalagi pekerjaan menuntut kita untuk selalu bekerja di depan layar komputer. Untungnya, ada solusi untuk masalah mata kering tanpa meninggalkan pekerjaan di depan komputer. Pertama, ambil waktu 15 menit untuk menatap hal lain, misalnya jendela, jam, atau hal lain di kejauhan. Jika mata mulai kering, Anda bisa menggunakan air mata buatan atau tetes mata empat kali sehari untuk menjaga mata tetap lembab.

39 komentar:

  1. Wah bahay juga ya kalau terlalu lama menatap layar komputer. Udahan ah takut kena efeknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas .. hehehe
      terimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  2. Wah bahay juga ya kalau terlalu lama menatap layar komputer. Udahan ah takut kena efeknya

    BalasHapus
  3. bener tuh mbak. saya satu hari bisa menghabiskan waktu sampai 10 jam di depan komputer. 6 jam di kantor dan 4 jam di rumah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya gimna mba biar mata kelihatan fresh ? :)

      Hapus
    2. mungkin biar kelihatan fres harus beristirahat dan berkedip mba :)

      Hapus
  4. bener sekali, kalo mataku udah lihat monitor komputer gatel banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba itu efek nya kali hihihihi, kalo saya lama" depan komputer uuuh ngantuknya tak tertahankan lelah banget ..hehehehe

      Hapus
    2. di garuk aja mbk santika. hehee

      Hapus
    3. hihihihihihihi mas budi ada" ajah :)

      Hapus
  5. aduh ternyata bahaya juga yah jika terlalu lama menatap layar monitor :3 mana kerjanya harus di depan layar monitor lagi seharian :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh saya juga sama kerja seharian di dpan komputer mata pasti cepat lelah kalo lama" menatap layar monitor ..:(

      Hapus
  6. Waduh, malah 10 jam lebih hidup saya setiap hari dihabiskan di depan monitor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga lelah atau ngantuk gitu mas lama" di depan layar monitor :)
      saya kalo 10 jam belum tentu kuat hehehe

      Hapus
  7. Keknya mata ku makin rabun deh.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba beby lama kelamaan pasti akan memakai kaca mata kalo sehari" menatap layar monitor hahahaha
      itu juga udah mulai rabun hehehe

      Hapus
  8. kalau saya justru gak tidur kalau di depan komputer mbk. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok bisa gitu ya mas budi padahal kan menatap layar monitor kelamaan bikin ngantuk itu saya sih hehehe
      mas budi matanya kuat :p

      Hapus
  9. Katanya juga mengedipkan mata, bagus buat ngeja kelembabannya ya mbak..
    asal jgn ngelakuinnya sambil natap wanita hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas budi ..
      hahaha pelanggaran dong mas kalo menatap wanita :p

      Hapus
  10. ternyata banyak juga ya efek negatif terlalu lama di depan komputer, harus jarang2 buka kompi klo gitu hehehe...

    BalasHapus
  11. Kayaknya aku harus beli kacamata selam nih ya...
    buat di dalam air aja aman, apalagi cuma di depan kompie... ihiii...

    salam pagi mbak ipah.. juga kawan2 sekalian, semoga beruntung hari ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha boleh boleh mas :p ada" ajah ahh :)
      salam kembali.. amin terimakasih

      Hapus
  12. kalau kata kawan saya, jika terlalu lama di depan kompi (mungkin lebih daqri 3 jam) akan menyebabkan mata lelah dan kalau orang yang mempunyai penyakit mata minus dan plus akan bertambah parah secara cepat dibanding orang yang tidak terlalu lama di depan kompi. dan kebanyakan kawan-kawan pada mengalami hal ini kang. ok makasih atas indonya dan salam sahabat blogger. mahesa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget tuh saya sendiri juga sering ngalamin gitu mas :( takut matanya minus nih lama" di depan komputer.. :)
      iya mas sama", salam kembali hehehe

      Hapus
  13. memang benar saya sendiri merasakanya lho.kelamaan kontak mata dengan layar monitor mata terasa gatal dan perih sakit,sakitnya itu disini dimata ini lho hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya mas dede saya juga merasakan gitu :)

      Hapus
  14. Betul banget tuh mbak saya dah ngerasain banget deh efeknya, kadang mata saya suka berkca-kaca gitu, selain gangguan mata kelamaan mantengin monitor juga bikin badan pada pegel terutama yang menggunakan PC seperti saya, bayangin aja kalo lagi libur dari isya bisa ampe subuh tuh mantengin layar monitor hehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas marnes badan saya juga suka pegel" terutama bokong haduuuh pegelnya minta ampun :(
      lama banget mas dari isya sampe subuh..

      Hapus
  15. syukurlah sampai sekarang ini matanya saya tidak apa-apa mbak... semenjak kelas 3 SMP hingga sekarang. saya sudah terlalu banyak menatap layar komputer mbak. hingga 13 jam lebih atau bahkan lebih...

    semoga aja mata saya tidak apa mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya syukur deh mas kalo begitu ...
      amin semoga sehat selalu matanya :)

      Hapus
  16. Ah, efek yg nomor satu sudah kualami sejak lama. Emang sakit banget mata. Kadang, aku mesti pake kaca hitam lo ketika di depan kompi, demi menghindari sinar layar komputer. Sampe skerg pun msh sakit, dan efeknya juga kepusing..sing..sing... Dan skrg mata kanan sdh plus, dan mata kiri minus ... akhirnya. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mata saya juga mulai sakit nih, hmm lama-lama saya juga gitu ya mba :( tapi mudah-mudahan nggak deh hehehe

      Hapus
  17. saya paling nggak kuat natap layar komputer kalo lagi eror apalgi matot... :)
    nah kalo pas liat yg 3gp mata nggak ada lelahnya

    BalasHapus
  18. Saya paling lama 3 jam natap kompi, Mbak. Habis itu gak kuat, mending dibuat tidur aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba lebih baik istirahat aja jangan di paksain kalo udah nggak kuat nanti kena efeknya lagi hehehehe

      Hapus