Kamis, 06 November 2014

Ternyata Menangis Baik Untuk Kesehatan

Ternyata Menangis Baik Untuk Kesehatan
Menangis adalah salah satu cara mencurahkan emosional. Setiap orang pasti mengalami hal ini karena manusia tercipta dengan perasaan. Tidak hanya dapat merasakan perasaan senang, tetapi terkadang terdapat perasaan kemelut kesedihan yang teramat sangat. Suasana hati seseorang akan mempengaruhi fikiran, sedangkan fikiran yang terpenuhi beban akan menciptakan beban psikologis pada seseorang, oleh karena itu terkadang menangis sangat dibutuhkan untuk menghilangkan beban yang sedang dihadapi.

Menangis mungkin terlihat cengeng atau lemah. Namun ternyata dengan menangis dapat berdampak baik untuk kesehatan, inilah manfaat menangis baik untuk kesehatan sebagai berikut:

- Air mata pada saat menangis dapat membersihkan daerah sekitar mata dan kelopak mata, air mata adalah cara alami untuk melumasi bola mata agar tidak terjadi kekeringan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata. Selain itu air mata dapat menjadi bahan alami untuk melembabkan mata dari iritasi, rasa perih, sehingga penglihatan anda menjadi terasa lebih baik.

- Air Mata mengandung enzim Lysozyme yaitu cairan anti bakteri dan antivirus yang paling ampuh dibanding dengan tetes mata. Setiap hari mata terkena bakteri dan kuman yang kian menumpuk, dengan menangis 5-10 menit, dapat menyingkirkan endapan kuman dan bakteri sekitar 90% hingga 95%, walau menangis membuat mata merah, tetapi hanya bersifat sementara dan setelah menangis mata menjadi lebih jernih.

- Meredakan perasaan, dengan menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan lebih lancar, sehingga seseorang yang telah menangis akan merasa lega. Dengan menangis, anda mengeluarkan hormon stress dari dalam tubuh, tidak hanya itu walaupun menangis tidak dapat menyelesaikan masalah tetapi dengan menangis dapat membuat perasaan lebih lega sehingga seseorang yang telah menangis biasanya memiliki fikiran lebih tenang dan jernih dibanding sebelum menangis.

- Bila dalam tubuh anda memiliki kelebihan zat mangan (Mn) maka akan menyebabkan beberapa gangguan emosional seperti gampang marah, agresif, kelelahan, cemas, gelisah, dan hal lainnya. Peran air mata seperti keringat ketika anda berolahraga yaitu mengeluarkan racun, dan pada saat anda menangis, air mata yang anda keluarkan mengandung konsentrasi protein 24%, berfungsi mengeluarkan zat mangan yang berlebihan dalam tubuh.

- Menangis adalah tips paling akurat ketika seseorang mengalami masalah atau kesulitan yang sudah tidak bisa dipendam lagi, tidak usah takut terkesan cengeng, karena ternyata menangis bagus untuk kesehatan. Beban yang biasa anda hadapi setiap hari terkadang membuat tekanan pada sistem saraf yang menyebabkan anda menjadi insomnia, bila lama-lama didiamkan maka terjadi insomnia akut. Tidak ada salahnya untuk menangis jika menemukan titik dimana anda terasa terbebani. Bahkan menangis sangat dibutuhkan bagi terapi-terapi tertentu.

22 komentar:

  1. wah pantesan mbk ipah sehat bugar soalnya sering nangis sih. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe makasih mas :p
      tapi saya jarang nangis loh mas hehe

      Hapus
  2. heemm sebelumnya saya juga posting tentang tetesan air mata mbak.. ternyata manfaat menangis itu sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. smg stlh bca ini sy jd bs mudah mnangis..hehe
    slm kenal ya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya alloh hahaha
      sama kaya saya mba jarang nangis hehehe
      salam kenal juga :)

      Hapus
  4. Tapi kalau nangisnya berlebihan apa itu baik untuk kesehatan. Bengep bisa tuh mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya iya bener mas kalo berlebihan nangisnya mata kaya yang udah di gebugin hahaha

      Hapus
  5. Aku jarang nangis nih. Hahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong hahahaha aku juga susah untuk menangis :p
      pengen nangis biar sehat tapi susah hihihihi

      Hapus
  6. wah nak nangis saya setiap hari, wakakkaka

    saya jarang nangis

    BalasHapus
  7. kalau lagi sedih dan terharu lebih baik menangis biar lega rasanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget hehehe
      terimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  8. dengan menangis semua debu yang ada di sekitar mata kita akan terbawa keluar sehingga pandangan mata jadi lebih cling..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba sri semua kotoran disekitar mata bisa terbuang ...hehehehe

      Hapus
  9. kalau susah mencari lowongan kerja jangan menangis terlebih dahulu coba lihat-lihat disini, kemungkinan anda sudah bisa melupakan kesedihan dengan menangis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe iya mas ..
      terimakasih kunjungannya:)

      Hapus